skip to main |
skip to sidebar
Penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang — Presentation Transcript
- 1. Penyusunan
Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Definisi Pencatatan
Buku Harga Ikhtisar siklus
LaporanPerusahaan transaksi ke dalam Besar Pokok
akuntansi
keuangan Dagang
jurnal khusus Pembantu Penjualan perusahaan dagang
Neraca saldo, jurnal
Rekapitulasi Jurnal
penyesuaian neraca Laporan Khusus
lajur laba/rugi,
laporan
perusahaan Posting dari
jurnal modal, neraca, laporan
khusus ke buku
arus kas besar
Menu
- 2.
1. Pengertian perusahaan dagang Perusahaan adalah setiap bentuk
usaha yang menjalankan usaha yang bersifat tetap, terus menerus,
didirikan, bekerja dan berkedudukan di tempat tertentu dengan tujuan
memperoleh laba atau keuntungan. Perusahaan dagang adalah
perusahaan yang membeli barang dagangan dari pemasok dan menjualnya
kembali kepada pelanggan tanpa diproses terlebih dahulu atau tanpa
diubah bentuknya. Bentuk perusahaan dagang antara lain
supermarket, penyalur atau distributor, retailer, dan pengecer.Menu
Next
- 3.
2. Ciri – ciri perusahaan dagang yaitu sebagai berikut : a.
Perusahaan dagang membeli barang dagangan untuk dijual kembali
kepada pelanggan b. Barang dagangan yang dibeli tidak diproses
terlebih dahulu sebelum dijual kepada pelanggan c. Dalam
menghasilkan pendapatan, dilakukan transaksi pembelian dan
penjualan barang dagangan d. Penjualan merupakan pendapatan untuk
perusahaan dagang e. Biaya untuk memperoleh barang dagangan
dilaporkan sebagai harga pokok penjualan f. Barang dagangan
yang belum terjual disebut persediaan barang dagangan yang
dilaporkan sebagai aktiva lancar dalam neracaPrev
Next
- 4. 3. Rekening khusus
perusahaan dagang Rekening yang digunakan pada perusahaan
dagang, yaitu berkaitan dengan pembelian dan penjualan barang
dagangan. Hal ini terlihat secara khusus pada rekening yang digunakan
pada perusahaan dagang antara lain rekening pembelian, persediaan
barang dagangan, retur pembelian dan pengurangan harga, serta potongan
pembelian. a. Pembelian ( purchases), rekening ini digunakan untuk
mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan pembelian barang
dagangan baik secara tunai maupun kredit, apabila perusahaan
menggunakan metode pencatatan persediaan barang dengan metode fisik
atau periodik.Prev
Next
- 5. b. Persediaan barang ( inventory ), rekening ini
digunakan untuk mencatat semua transaksi yang berkaitan dengan
pembelian barang dagangan baik secara tunai maupun kredit, apabila
perusahaan menggunakan metode perpetual atau terus - menerus.
c. Retur pembelian dan pengurangan harga ( purchases return and
allowances ), rekening ini digunakan untuk mencatat transaksi yang
berkaitan dengan pengembalian barang yang telah dibeli tetapi
dikembalikan karena barang tidak sesuai dengan yang dipesan atau
barang tersebut rusak. d. Potongan pembelian ( purchases discount ),
rekening ini digunakan untuk mencatat transaksi yang terjadi karena
ada potongan pembelian.Prev
Next
- 6. Perusahaan ( penjual ) sering
menerapkan istilah termin pembayaran. Adapun syarat penjualan (
termin pembayaran ), antara lain : 1. 2/10, n/30 artinya
diberikan potongan sebesar 2% dari harga faktur jika pembayaran
dilakukan dalam tempo 10 hari sejak tanggal faktur dan jika
pembayaran dilakukan setelah periode tersebut (10 hari) maka
pembayaran harus dilakukan secara penuh (nominal faktur) dengan
batas waktu 30 hari sejak tanggal faktur. 2. n/15,EOM
artinya jumlah rupiah dan harga faktur penjualan harus dibayar
15 hari sesudah akhir bulan ( End Of Month ) dibuatnya
faktur.Prev
Next
- 7. 3. EOM ( End Of Month ), artinya faktur tersebut harus
dilunasi paling lambat pada akhir bulan pembelian. 4.
C.O.D ( Cash On Delivery ), artinya harga barang yang dibeli
harus dibayar sebesar harga faktur pada saat barang dikirim dan
diterima pembeli.Prev
Next
- 8. e. Beban angkut pembelian (freight-in),
merupakan beban yang harus ditanggung pembeli pada saat pembelian
barang dagangan dilakukan. Beban angkut pembelian ini akan menambah
harga perolehan/harga pokok barang dagangan. Adanya beban agkut
pembelian ini tergantung pada syarat penyerahan barang yang
ditentukan oleh penjual. Beberapa syarat penyerahan barang yang
biasa dilakukan sebagai berikut : 1. Free on Board (FOB)
destination point (prangko gudang pembeli), yaitu penjual
menanggung semua ongkospengiriman barang dagangan tersebut sejak
dari gudang penjual sampai barang dagangan ada digudang
pembeli.Prev
Next
- 9. f. Penjualan (sales ), rekening ini digunakan untuk
mencatat transaksi penjualan barang dagangan baik secara tunai
maupun kredit. g. Retur penjualan dan pengurangan harga (sales
return and allowances), rekening ini digunakan untuk mencatat
transaksi yang berkaitan dengan pengembalian barang yang telah
dijual tetapi dikembalikan oleh pembeli karena barang tidak sesuai
dengan yang dipesan atau barang tersebut rusak. h. Potongan
penjualan (sales discount), rekening ini digunakan untuk mencatat
transaksi yang terjadi karena ada potongan penjualan. i. Beban
angkut penjualan (freight-out), rekening ini digunakan untuk
mencatat setiap transaksi penjualan apabila dalam jual beli,
penjual yang menanggung beban tersebut.Prev
Next
- 10. 4. Siklus akuntansi
perusahaan dagang Siklus akuntansi perusahaan dagang terdiri dari
berikut : a. Tahap pencatatan 1. Pembuatan atau penerimaan bukti
transaksi 2. Pencatatan dalam jurnal 3. Pemindahan bukuan ke
buku besar b. Tahap pengikhtisaran 1. Pembuatan neraca saldo
2. Pembuatan jurnal penyesuaian 3. Pembuatan neraca lajurPrev
Next
- 11.
c. Tahap Pelaporan 1. Penghitungan harga pokok penjualan 2.
Pembuatan laporan keuangan 3. Pembuatan jurnal pembalik 4.
Jurnal penutup 5. Pembuatan Neraca Saldo setelah penutupPrev
Next
- 12. 5. Metode
pencatatan persediaan a. Metode fisik Metode pencatatan
persediaan secara fisik biasa disebut juga dengan sistem periodic,
karena untuk menentukan nilai atau harga pokok persediaan barang
dagangan di akhir periode akuntansi harus dilakukan penghitungan
secara fisik (stock opname) di gudang tempat menyimpan barang yang
bersangkutan untuk mengetahui besarnya persediaan barang
dagangan pada akhir periode.Prev
Next
- 13. b. Metode perpetual
Metode ini disebut perpetual atau terus – menerus (continue) karena
aliran barang dagangan dapat diikuti secara terus – menerus setiap
saat. Pembelian dan penjualan ( pengeluaran ) barang dicatat secara
langsung di rekening persediaan pada saat terjadinya transaksi.Prev
Menu
- 14.
• Jurnal Khusus Untuk menghemat waktu dan memudahkan pembagian
pekerjaan, maka dirancanglah suatu sistem pencatatan transaksi yang
khusus untuk itu , yaitu jurnal khusus. Jurnal khusus adalah jurnal yang
dirancang secara khusus untuk mencatat transaksi yang bersifat sama dan
sering terjadi atau berulang ulang, dengan tujuan agar dapat bekerja
secara efektif dan efisien, karena setiap hari terjadi transaksi yang
relatif banyak.Menu
Next
- 15. Jurnal khusus yang biasa digunakan dalam
akuntansi perusahaandagang terdiri atas 4 macam, yaitu :1. Jurnal
penerimaan kas, untuk mencatat transaksi penerimaan kas2. Jurnal
pengeluaran kas, untuk mencatat transaksi pengeluaran kas3. Jurnal
pembelian, untuk mencatat transaksi pembelian secara kredit4. Jurnal
penjualan, untuk mencatat transaksi penjualan secara kreditPrev
Next
- 16. 1.
Jurnal penerimaan kas (cash receipt journal ) Jurnal penerimaan
kas adalah buku jurnal yang digunakan untuk mencatat semua transaksi
penerimaan uang atau uang tunai. Transaksi yang dicatat dalam jurnal
penerimaan kas sebagai berikut : a.Penjualan b.Penerimaan
pelunasan piutang c.Penerimaan pendapatan d.Retur pembelian secara
tunaiPrev Next
- 17.
2. Jurnal pengeluaran kas (cash payment journal) Jurnal
pengeluaran kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat semua
transaksi pengeluaran uang kas/pembayaran uang tunai. Transaksi
yang dicatat dal jurnal pengeluaran kas sebagai berikut : a.
Pembelian secara tunai b. Pembayaran atau pelunasan utang dagang
c. Pembayaran beban – beban d. Retur penjualan secara tunai e.
Pengambilan uang tunai untuk pribadiPrev
Next
- 18. 3. Jurnal Pembelian
(purchases journal) Jurnal pembelian adalah buku jurnal yang
digunakan untuk mencatat semua transaksi pembelian secara kredit,
baik pembelian barang dagangan maupun bukan barang dagangan.
Transaksi yang dicatat yaitu sebagai berikut : a. Pembelian barang
dagangan secara kredit b. Pembelian perlengkapan, peralatan, dan
aktiva lain secara kredit4. Jurnal Penjualan (sales journal)
Jurnal penjualan adalah buku jurnal yang digunakan untuk
mencatat semua transaksi penjualan barang dagangan secara kredit.Prev
Next
- 19.
• Jurnal Umum (general journal) Jurnal umum (jurnal memorial)
adalah buku jurnal yang digunakan untuk mencatat semua transaksi yang
tidak dapat dicatat dalam keempat jurnal khusus yang ada.
Transaksi yang dicatat dalam jurnal umum sebagai berikut : a.
Transaksi lain yang tidak dapat dicatat dalam jurnal khusus,
misalnya retur pembelian/penjualan kredit,perubahan utang atau
piutang menjadi wesel dan lain-lain. b. Ayat jurnal penyesuaian c.
Ayat jurnal koreksi (adjustment entry) d. Ayat jurnal penutup
(correcting entry) e. Ayat jurnal pembalikan (reversing entry)Prev
Menu
- 20.
Laporan keuangan (financial statement) adalah hasil akhirdari akuntansi
yang merupakan suatu ringkasan transaksi keuangan.Tujuan penyusunan
yaitu :1. Menyelidiki informasi yang menyangkut posisi keuangan suatu
perusahaan yang bermanfaat bagi para pemakai informasi laporan
tersebut.2. Memenuhi kebutuhan para pemakai akuntansi3. Menunjukkan
hal-hal yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam kegiatan
ekonominya4. Mempertanggungjawabkan atas sumber daya yang
dipercayakan.Menu
Next
- 21. 1. Laporan laba/rugi Laporan laba/rugi
merupakan laporan yang mengikhtisarkan pendapatan dan beban suatu
perusahaan selama periode tertentu. Jika pendapatan lebih besar
daripada beban maka perusahaan memperoleh laba. Sebaliknya, jika
pendapatan lebih kecil daripada beban, perusahaan menderita kerugian.
Laporan Laba rugi tersebut dapat dari penjumlahan pendapatan
di (pendapatan penjualan dan pendapatan lainnya) dan pengurangan harga
pokok penjualan serta beban-beban (beban operasional dan beban
nonoperasional) dalam suatu perode akuntansi.Prev
Next
- 22. Laporan laba
rugi/atau perhitungan laba/rugi dapat disajikan dalam dua bentuk
sebagai berikut : a. Bentuk Langsung (single step) Penyajian
laporan laba/rugi dengan bentuk single step dilakukan dengan
menjumlahkan semua pendapatan menjadi satu, demikian pula bebannya.
Setelah itu dicari selisihnya untuk mengetahui laba/rugi b. Bentuk
bertahap (multiple step) Penyajian laporan laba/rugi dengan bentuk
multiple step dilakukan dengan memisahkan antara pendapatan usaha
diluar usaha,serta memisahkan pula antara beban usaha dan beban luar
usaha. Setelah itu mencari selisihnya sehingga akan iperoleh laba
atau rugi bersih usaha.Prev
Next
- 23. 2. Laporan perubahan modal
Laporan perubahan modal, yaitu laporan keuangan yang mana
mengungkapkan perubahan ekuitas atau modal yang terjadi pada akhir
periode akuntansi. Hal-hal yang perlu dimasukkan dalam laporan ini
adalah posisi modal awal, laba atau rugi usaha, pengambilan prive atau
laba yang dibagikan dan posisi akhir.3. Neraca Neraca adalah
daftar aktiva atau harta, kewajiban, dan modal perusahaan pada suatu
periode tertentu. Penyusunan laporan neraca pada perusahaan dagang
pada dasarnya sama dengan penyusunan neraca pada perusahaan jasa.Prev
Menu
- 24.
Setelah semua transaksi dicatat kedalam jurnal khusus, dansebelum
posting dilakukan, terlebih dahulu harus dibuat rekapitulasijurnal
khusus. Rekapitulasi jurnal khusus adalah penjumlahan secarakeseluruhan
angka-angka yang ada pada setiap kolom jurnalkhusus, juga menetapkan
perkiraan-perkiraan yang dikelompokdidebet ataupun kredit sebelum
dipindahkan ke buku besar utama. Rekapitulasi jurnal khusus
merupakan daftar yang disusununtuk memudahkan proses posting ke buku
besar. Daftar rekapitulasiterdiri atas daftar rekapitulasi jurnal
penjualan/pembelian, jurnalpeneriamaan/pengeluaran kas dan jurnal umum.
Menu
- 25.
Buku besar pembantu digunakan untuk mencatat data laindisamping data
yang terdapat dalam buku besar yang merinci lebihlanjut data dalam salah
satu akun. Akun di buku besar yangmempunyai buku pembantu disebut akun
unduk atau akun pengendali(controlling account). Buku besar
pembantu yang digunakan dalam perusahaandagang adalah buku besar
pembantu piutang atau disebut bukupiutang (account receiveanle
subsidiary ledger) dan buku besarpembantu utang yang disebut buku utuang
(account payablesubsidiary ledger).
Menu
- 26. Buku besar (ledger)
adalah kumpulan rekening – rekeningyang saling berhubungan dan merupakan
salah satu kesatuan. Postingadalah proses memindahkan catatan dari
jurnal ke buku besar.Langkah – langkah melakukan posting yaitu :1.
Menutup jurnal khusus dengan cara menjumlahkan angka kedalam kolom
perkiraan.2. Memindahkan kedalam buku besar dari hasil penjumlahan
tersebut, baik sebelah debet maupun sebelaha kredit.3. Mengisi kolom ref
pada jurnal khusus dengan memberi tanda centang.4. Tanggal posting
yang diugunakan5. Bentuk buku besarnya sama dengan buku besar yang ada.
Menu
- 27.
Penghitungan harga pokok penjualan dibuat pada akhirperiode akuntansi,
yaitu pada waktu disusun laporan keuangan.Penyajian harga pokok
penjualan ini dapat dibuat secara terpisah darilaporan laba rugi.
Penghitungan harga pokok penjualan ini sangatpenting bagi perusahaan
untuk menentukan laba atau rugi. Jika hargajual barang dagangan lebih
besar dari harga pokoknya, makaperusahaan akan mendat laba. Sebaliknya,
jika harga jual lebih rendahdaripada harga pokoknya, maka perusahaan
akan mengalami kerugian.
Menu
- 28. 1. Neraca Saldo (trial balance)
Neraca saldo adalah daftar saldo setiap akun yang ada dalam
buku besar pada suatu waktu tertentu. Fungsi neraca saldo,
diantaranya untuk memebuktikan keseimbangan jumlah debet dan kredit
serta menguji kebenarannya. Tujuan pembuatan neraca saldo yaitu :
a. Untuk menguji kesamaan debet dan kredit dalam akun buku
besar b. Untuk mempermudah penyusunan laporan keuanganMenu
Next
- 29. 2.
Jurnal Penyesuaian Jurnal penyesuaian (adjusting entry) adalah
jurnal untuk mengadakan penyesuaian catatan-catatan dengan keadaan
atau fakta yang sebenarnya pada akhir periode. Tujuaannya agar setip
perkiraan riil dan perkiraan nominal dapat menunjukkan besarnya
harta,utang,modal,pendapatan, dan beban yang sebenarnya dan
seharusnya diakui pada akhir periode. Ada dua metode yang
digunakan yaitu : a. Metode ikhtisar laba rugi b. Metode
pendekatan harga pokok penjualanPrev
Next
- 30. 3. Neraca lajur/kertas kerja
(worksheet) Neraca lajur merupakan alat bantu untuk
memepermudah penyusunan laporan keuangan suatu perusahaan. Dalam
neraca lajur terdiri atas kolom – kolom yaitu akun, nama akun,neraca
saldo,jurnal penyesuaian,neraca saldo disesuaikan,laporan laba rugi
dan neraca. Tujuan pembuatan neraca lajur/kertas kerja yaitu:
a. Memudahkan penyusunan laporan keuangan b. Meringkas dan
mengelompokkan data dari neraca saldo dan data penyesuaian c.
Mempermudah menemukan kesalahan dalam jurnal penyesuaianPrev
Menu
- 31.
Credits for Powerpoint presentation Lead Teacher Mr.
Arifuddin,S.Pd Designer Team 11
Member Jaya Ari Endy Vina Alvionita
- 32.
Thanks To Intel® Processor Nvidia ® Graphics Intel ®Integrated
ChipsetMicrosoft Powerpoint 2007 Creative ® Sound Blaster
- 33.
Background song Yui – Tommorow Way’s Yui
– Summer SongBoy’s Like Girl ft. Taylor Swift – Two Is Better Than One
Taylor Swift – Ours Avril Lavigne – When
You’re Gone Yui - Gloria
- 34. PowerPoint Presentation 2012
blogger templates 3 columns | Make Money Online
0 Comments:
Post a Comment